Jumat, 27 Juni 2014

Aplikasi Kendali Jarak Jauh untuk Peralatan Rumah Tangga dengan Sistem Online

Aplikasi Kendali Jarak Jauh untuk  Peralatan  Rumah Tangga  dengan Sistem Online

Masyarakan moderen saat ini sering dihadapkan dengan waktu yang  terbatas dikarnakan aktifitas yang padat, bahkan terkadang sampai melupakan hal-hal kecil yang sebenarnya sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, misalnya keadaan rumah yaang kurang diperhatikan seperti pintu yang lupa dikunci sebelum bepergian, jendela yang tidak  ditutup, lampu yang lupa dimatikan, air keran yang lupa dimatikan dan masih banyak lagi aktivitas yang sering kali terlupakan pada saat bepergian keluar rumah dalam waktu yang cukup lama, bahkan dampak terburuk yang dapat terjadi akibat kelalaian tersebuat yaitu kebakaran, jika sudah terjadi kebakaran hal itu dapat menimbulkan kerugian yang jauh lebih besar dibandingkan dengan mencegah kebakaran tersebut terjadi. Di tahun 2014 ini masih banyak masyarakat yang lupa mematikan peralatan listrik di rumahnya yang menyebabkan kebakaran, Menurut data statistik Badan Pusat Statstik(BPS) provinsi Dki Jakarta periode awal tahun 2014 sampai saat ini mencapai  147 kebakaran yang di dominasi oleh kosleting listrik.
 Masyarakat saat ini menginginkan sesuatu yang lebih praktis dan efisien dalam  melakukan aktivitas dengan lebih mudah untuk dilakukan, terlebih lagi teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat, sehingga banyak teknologi-teknologi yang terlahir untuk membantu dan mendukung kegiatan sehari-hari, Kita juga sudah dapat mengatur segala hal dari mana saja melalui gadget mulai dari pengiriman email,chating, game online, videochat dan masih banyak lagi aplikasi yang dapat dimanfaatkan, serta banyak juga sistem yang sangat mudah dan membantu masyarakat. 
Untuk mengatasi masalah diatas maka dibangunlah suatu sistem kendali alat-alat yang menggunakan energi listrik untuk menjalankan sistem pada media mobile phone. Sedangkan dasar sistem yang digunakan untuk mengendalikan alat listrik  adalah melalui pesan peringatan  yang dikirimkan pada aplikasi yang terinstall pada mobile phone .
Sistem kendali jarak jauh ini ialah setiap peralatan  elektronik rumah tanggga masing-masing  ditambahkan perangkat software yang dihubungkan menggunkan sinyal  GPS. Cara kerja dari sistem ini ialah setiap pengguna berpergian keluar rumah, jika pengguna itu lupa mematikan elektronik atau lupa dalam mengunci jendela dan pintu secara manual maka pengguna yang sudah dalam perjalanan itu dapat langsung mengecek dan melihat peringatan apa yang dikirimkan oleh aplikasi ini dan dapat langsung melakukan tindaakan dengan mengirimkan perintah untuk segera mematikan peralatan elektronik yang  masih menyala kepada perangkat hardware yang terpasang di rumah, sehingga peralatan elektronik secara otomatis akan mati sesuai dengn perintah yang dikirimkan melalui aplikasi mobile phone. Walaupun masih ada kemungkinan kendala-kendala yang mungkin terjadi pada sistem online ini misalnya masalah kestabilan server yang tidak dapat diperediksi.
Dengan peringatan yang dikirimkan oleh aplikasi ini maka akan sangat membantu  sebagai alat pengendali, dan dapat mempermudah pengguna untuk memantau penggunakan energi listrik dari jarak jauh.
Maka dari itu dibuatlah sistem “Kendali Jarak Jauh untuk  Peralatan  Rumah Tangga  dengan Sistem Online”. Dimana sistem ini dapat mengatur seluruh pengendalian peralatan rumah tangga.



Sumber lampiran :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar